Senin, 18 April 2011

Manusia dan Keadilan Part 2

Keadilan bagian dari kehidupan manusia. Kehidupan manusia tidak selalu diliputi dengan keadilan tetapi juga ada ketidakadilan. Sama halnya didunia ini tidak hanya ada hal baik, tetapi hal buruk pun ada. Keadilan biasa di gambarkan sebagai suatu yang seimbang, sama seperti halnya jika melakukan hal yang salah juga hukumanya seimbang dengan kesalahannya itu. Tetapi untuk sebuah keseimbangan atau keadilan dalam hukum, sulit didapat pada jaman sekarang ini.

Keadilan dipengaruhi oleh kejujuran. Kejujuran yaitu apa yang dikatakan sesuai dengan hati nuraninya dan sesuai dengan kenyataan. Dari kejujuran dapat menghasilkan suatu keadilan. Jika tidak ada kejujuran maka keadilan pun sulit untuk didapatkan. Kejujuran sangat sulit didapat, kejujuran pada jaman ini harganya mahal. Orang yang berkata jujur berarti hatinya baik.

Keadilan tidak bisa didapat bila ada kecurangan. Kecurangan indentik dengan tidak jujur. Kecurangan merupakan penyakit hati yang membuat seseorang serakah dengan apa yang ada. Beberapa faktor yang menimbulkan kecurangan (http://filsafat.kompasiana.com/2010/04/28/manusia-dan-keadilan/) :
  1. faktor ekonomi
  2. faktor peradaban dan kebudayaan
  3. teknis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar