Senin, 18 April 2011

Manusia dan Tanggung Jawab Part 2

Setiap manusia mempunyai tanggung jawabnya masing-masing. Pengabdian dan Pengorbanan biasanya adalah suatu wujud dari tanggung jawab.

Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat atau tenaga. Pengabdian sebagai perwujudan kesetiaan, cinta, kasih sayang, dan hormat. Macam-macam pengabdian: pengabdian kepada orang tua, keluarga, kepada negara, yang pasti pengabdian kepada agama yang diyakininya. Pengabdian kepada negara contohnya seseorang yang menjadi penjaga hutan atau kepulauan dipinggiran kepulauan Indonesia, dia tinggal jauh dari sanak saudaranya untuk bekerja dan mengabdi kepada negara.

Pengorbanan berarti persembahan. Pengorbanan tidak mengandung kata pamrih. Ikhlas dalam hatinya untuk melakukan hal itu. Pengorbanan dapat berupa harta benda, perasaan, bahkan jiwa raga. Pengabdian sebagai warga negara dapat berupa menjadi seorang pejuang bangsa, misalkan bekerja sebagai TNI, itu merupakan sebuah pengorbanan jiwa raga, siap mati di medan tempur.

Perbedaan antara pengorbanan dan pengabdian tidak begitu terlihat dengan jelas.  Pengabdian hampir sama pengertiannya dengan pengorbanan. Dimana ada pengorbanan ada juga pengabdian. Pengabdian biasanya yaitu sesuatu pengabdian kita kepada sesuatu, sedangkan pengorbanan adalah sesuatu  hal akibat dari pengabdian, atau dapat diartikan sebagai tindakan dari pengabdian yang berlebihan menjadi rela berkorban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar