Sabtu, 16 April 2011

Manusia dan Pandangan Hidup

Seteiap manusia di bumi ini mempunyai pandangan hidup untuk menjalankan kehidupannya. Pandangan hidup dapat berpengaruh terhadap kehidupan masa depannya. Dari suatu pandangan hidup yang dimiliki, seseorang dapat berencana tentang masa depan. Meskipun masa depan sudah ditentukan oleh Tuhan tetapi manusia harus berusaha untuk mencapai masa depannya. Pengertian pandangan hidup yaitu pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, aturan, petunjuk hidup didunia. Pandangan hidup berdasarkan pemikiran manusia masing-masing jadi setiap orang mempunyai pandangan hidup yang berbeda-beda.

Pandangan hidup tidak tercipta atau timbul secara singkat, pandangan hidup ada dari pengalaman sehari-hari. Pandangan hidup beragam:
  1. Pandangan hidup yang berasal dari agama
  2. Pandangan hidup yang berupa sebuah ideologi
  3. Pandangan hidup dari sebuah renungan atau pengalaman dari waktu dengan jangka panjang
Cita-cita menurut adalah keinginan harapan, tujuan yang selalu ada dalam pikiran. Cita-cita juga merupakan pandangan masa depan, suatu impian masa depan. Cita-cita yang belum terjadi maka disebut angan-angan. Misalkan anak-anak kecil bercita-cita ingin jadi polisi, tetapi ia masih belum melanjutkan sekolah maka ia hanya berangan-angan saja untuk menjadi seorang polisi. Seseorang dapat menggapai cita-cita berdasarkan manusia itu mempunyai cita-cita, kondisi dalam perjalanan mencapai cita-cita itu, dan seberapa tinggikah cita-cita yang ingin dicapai.

Usaha/ perjuangan adalah kerja keras untuk mewujudkan cita-cita.  Setiap manusia berjuang dengan segala cara untuk menjalankan kehidupannya sehari-hari. Manusia tidak dapat hanya berdiam diri untuk mencapai keinginannya dan juga dapat menjalankan kehidupannya, dia harus mempunyai usaha. Kerja keras dapat meingkatkan martabat manusia sedangkan pemalas dapat mebuat manusia itu miskin.

Keyakinan/kepercayaan menjadi dasar pandangan hidup manusia. Setiap manusia mempunyai keyakinan dan kepercayaan, misalkan saja keyakinan atas agamanya masing-masing. Setiap manusia berhak memilih agamna sebagai keyakinannya karena di Indonesia terdapat berbagai macam agama. Meskipun berbagai macam agama tetapi kita harus saling menghormati hak satu sama lain.

sumber : http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/ilmu_budaya_dasar/bab8-manusia_dan_pandangan_hidup.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar