Jumat, 20 Mei 2011

Manusia dan Kegelisahan

Kegelisahan merupakan bagian dari kehidupan manusia karena manusia tidak ada hidup yang selalu nyaman. Kehidupan manusia juga dipenuhi dengan kegelisahan. Kegelisahan merupakan perasaan tidak nyaman, tidak tentram, khawatir. Kegelisahan dapat terjadi karena banyak faktor disekeliling kehidupan manusia. Kegelisahan dapat merasuk dalam pikiran maupun hati seseorang.

Kegelisahan biasa terjadi karena rasa takut dan kekhawatiran yang berlebihan menjadikan perasaan dan pikiran tidak nyaman, tidak tentram. Kegelisahan umum terjadi dan dapat terjadi disetiap individu seseorang tanpa pandang bulu, mau siapa pun orang tersebut.

Kegelisahan merupakan penyakit yang paling sering terjadi di dunia ? (http://yodi-adhari.blogspot.com/2010/04/pengertian-kegelisahan.html). Kegelisahan merupakan penyakit jiwa yang sering terjadi dikalangan masyarakat. Kegelisahan sering muncul ketika perasaan dan hati kita rentan dan tidak kuat. Biasanya yang sering mengalami kegelisahan adalah remaja yang sedang puber, pada orang-orang yang lanjut usia, pada pelajar, dll.

Bentuk-bentuk kegelisahan : (http://filsafat.kompasiana.com/2010/04/28/manusia-dan-kegelisahan/)
  1. Keterasingan, yaitu diasingkan, disingkirkan, dijauhkan dari kehidupan sekitarnya. keterasingan ini dipengaruhi faktor luar dan faktor dalam.
  2. Kesepian, kesepian terjadi dari keterasingan. Kesepian ini dirasakan pada saat diri terasa diasingkan dari kehidupan sekitar. Ada orang yang merasa kesepian dan juga ada yang sengaja menjadikan dirinya sepi karena menyukainya.
Kegelisahan dapat dihindari jika kepercayaan dan keimanan yang ada di diri kita kuat, dan perasaan kita tidak dipengaruhi oleh dunia luar. Hindari juga rasa takut yang berlebihan terhadap sesuatu yang mengakibatkan kegelisahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar