Kamis, 31 Maret 2011

Manusia dan Penderitaan (Part 3)

Manusia pasti punya penderitaan, penderitaan dapat berupa siksaan. Siksaan terdiri dari 2 macam, yaitu siksaan batin dan siksaan fiskis. Sifat yang fiskis misalnya ketakutan. Sebab-sebab seseorang merasa ketakutan adalah :
  1. Claustrophobia : takut terhadap ruang tertutup
  2. Agorophobia : takut terhadap ruangan terbuka
  3. Gamang : takut berada di tempat ketinggian
  4. Kegelapan : takut bila berada di tempat gelap
  5. Kesakitan : takut yang disebabkan rasa sakit
  6. Kegagalan : takut akan mengalami kegagalanan 
( http://arisudaryatno.blogspot.com/2010/04/manusia-dan-penderitaan.html )
Banyak sekali rasa takut yang ada tetapi tidak semua rasa takut itu ada di manusia. Tetapi dari salah satu rasa takut itu juga dapat bersarang di diri manusia, tergantung pada manusia itu. Rasa takut dapat berpengaruh berlebih pada kehidupan seseorang sesuai dengan orang tersebut dapat melawan rasa takut itu atau semakin besar rasa takut yang ada. Rasa takut dapat dikontrol dari diri sendiri, lebih baik rasa takut itu dikontrol dan dilawan, agar tidak berpengaruh besar dalam kehidupan sehari-hari.
Perasaan takut berhubungan dengan cemas dalam kehidupan sehari-hari manusia. Ketakutan seuatu rasa yang mendesak yang membuat orang tidak bisa melakukan apa-apa, sedangkan cemas yaitu mengkhawatirkan sesuatu yang belum terjadi tetapi sudah takut akan suatu hal yang tidak baik terjadi. Untuk mengurangi rasa cemas maka berfikirlah selalu dalam hal positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar