Selasa, 22 Februari 2011

Manusia dan Kebudayaan (Part 2)

Di Indonesia sangat beragam sekali kebudayaan yang ada sejak dahulu kala. Indonesia terbagi menjadi beberapa Provinsi, setiap Provinsi itu mempunyai kebudayaan yang berbeda-beda. Kebudayaan Indonesia yang sangat beragam bukan untuk membedakan, tetapi dari berbagai macam kebudayaan itu manusia di Indonesia bersatu menjalin persatuan dan kesatuan yang ada di negara ini.
Karena hidup itu selalu ada rintangan, maka pada sekarang ini masyarakat Indonesia sedang mengalami rintangan tentang kebudayaan yang ada. Rintangan dari kebudayaan itu adalah di dalam era Globalisasi. Dengan adanya era Globalisasi dan masuknya pengaruh dunia luar kelingkup masyarakat ini menganggu kebudayaan di Indonesia yang ada saat ini, karena masyarakat mulai terpengaruh dengan dunia luar yang mereka temui sekarang dan banyak yang meninggalkan kebudayaan yang mereka miliki. Kebudayaan luar telah berpengaruh besar kepada masyarakat Indonesia, sekarang masyarakat Indonesia banyak yang mengikut gaya ke barat-baratan, padahal kita adalah budaya orang timur.
Masyarakat yang di Kota mulai cenderung mengikuti budaya luar, tetapi masih ada yang mempertahankan kebudayaan Indonesia. Masyarakat pedalaman dan pedesaan rata-rata masih tetap menjaga kebudayaan yang ada untuk memperkenalkan ke anak dan cucu mereka kelak. Kalau budaya ini terus dilestarikan maka kebudayaan ini tidak akan hilang dan lenyap begitu saja. Kebudayaan itu akan tetap berdiri dan ada karena masyarakat masih menggunakanya dalam kehidupan sehari-hari.
Kebudayan akan terus terkikis dengan adanya era Globalisasi dan pengaruh teknologi. Kreatifitas dan kesadaran manusia yang dibutuhkan untuk tetap mempertahankan kebudayaan tersebut. Karena kebudayaan adalah tingkah laku manusia dalam kehidupan sehari-hari, maka kebudayaan pun akan mencerminkan sikap mereka. Semoga kebudyaan Indonesia akan tetap terjaga dan tidak lenyap begitu saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar