Jumat, 18 Februari 2011

Manusia dan Kebudayaan

Manusia dan kebudayaan sangat erat berkaitan. Manusia tidak dapat dilepaskan dari kebudayaan, karena perilaku mereka keseharian menunjukan sedikitnya kebudayaan yang mereka pelajari.

1. Manusia

Menurut kamus Bahasa Indonesia, manusia adalah makhluk yang berakal budi. Hakekat manusia yaitu sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang sempurna jika dibandingkan dengan makhluk lainnya. Manusia tidak dapat berdiri sendiri dan membutuhkan orang lain untuk hidup. Sesama manusia saling berkaitan yang tidak dapat diputus hubungannya karena manusia itu merupakan makhluk sosial. Masing- masing manusia mempunyai sifat dan kebiasaan yang berbeda-beda. Setiap manusia mempunyai kepribadian yaitu, gambaran perilaku dan sikap secara umum yang tercermin dari sikap dan perbuatannya. Kepribadian manusia mengandung ID, EGO, DAN SUPEREGO. ID yaitu alam bawah sadar manusia atau nafsu. EGO yaitu sistem energi yang langsung dengan dunia luar. SUPEREGO yaitu akal sehat atau penyaringan dari ID. Faktor yang mempengaruhi kepribadian manusia yaitu : warisan biologis, lingkungan fisik, lingkungan budaya, pengalaman kelompok, dan pengalaman pribadi.

2. Kebudayan
Kebudayaan yaitu pikiran, akal budi (menurut kamus Bahasa Indonesia). Kebudayaan bersumber dari kebiasaan manusia dari dahulu atau peninggalan nenek moyang yang menjadi sebuah kepercayaan adat istiadat. Kebudayaan diturunkan atau diwariskan terus menerus jadi kebudayaan itu akan tetap terjaga. Kebudayaan tiap kelompok masyarakat berbeda-beda, karena tempat tinggal dan kebiasaan yang dilakukan akan berbeda-beda, serta kepercayaannya pun tidak sama. Jadi kebudayaan mempunyai pengertian pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang dimanfaatkan untuk memahami lingkungan tempat tinggalnya dan kebutuhan sehari-hari yang terwujud dari sikap dan perilaku manusia itu. Perubahan kebudayaan kadang terjadi dengan berjalannya waktu, karena manusia itu berhubungan dengan dunia luar dan tidak dapat terus mempertahankan kebudayaan yang ada. Ada 7 unsur kebudyaan, yaitu :
  • Unsur realigi
  • Sistem kemasyarakatan
  • Sistem peralatan
  • Sistem mata pencaharian hidup
  • Sistem bahasa
  • Sistem pengetahuan, dan
  • Seni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar