Sabtu, 19 Februari 2011

Konsep Ilmu Budaya Dasar dalam Kesusastraan

IBD (Ilmu Budaya Dasar) secara sederhana dapat diartikan pengetahuan dasar dan umum tentang konsep untuk mengkaji masalah manusia dan kebudayaan. Pengetahuan budaya dengan ilmu budaya dasar berbeda. Pengetahuan budaya yaitu mengkaji permasalahan tentang nilai manusia dalam kebudayaan. Ilmu budaya dasar juga dapat diartikan yang merupakan pengetahuan tentang perilaku dasar manusia.
Karya sastra adalah penjabaran abstraksi. Kesusastraan masuk dalam ilmu budaya dasar, karena karya sastra adalah abstraksi. Tidak semua orang mudah membuat karya sastra. Karya sastra menggunakan bahasa, bahasa merupakan budaya. Setiap manusia mempunyai bahasa yang berbeda-beda sesuai dengan budaya yang telah diyakini. Ilmu budaya dasar sebagai pengetahuan tentang perilaku dasar manusia, perilaku dasar manusia salah satunya adalah bahasa, yaitu bahasa yang digunakan dalam kesehariannya dalam berkomunikasi dengan banyak manusia. Jadi ilmu budaya dasar masuk kedalam sastra.
Kita juga dapat melihat karya sastra dari seni, kebudayaan berisikan seni juga. Setiap kebudayaan memiliki seni, karena setiap kelompok pun mempunyai seni yang berbeda-beda. Sungguh banyak seni di negeri ini. Seni dalam ilmu budaya dasar berkaitan dengan karya sastra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar