Sabtu, 19 Februari 2011

Manusia dan Cinta Kasih

Cinta yaitu rasa sangat suka atau lebih sekedar dari suka biasa dan dapat memberikan rasa sayang. Cinta dapat diberikan kepada siapapun tanpa pandang bulu. Tidak hanya kepada pasangan saja, epada Tuhan adalah cinta pertama. Kita juga dapat memiliki cinta kepada orang tua, kawan, pasangan, ataupun binatang peliharaan, tumbuhanpun dapat kita berikan cinta. Cara kita memberikan cinta kepada hewan atau tumbuhan yaitu dengan cara menjaga serta merawatnya dengan baik.
Cinta itu datang dari hati. Cinta adalah anugrah dari Tuhan YME yang diberikan kepada setiap manusia dan adil dibagikan tanpa melihat derajat seseorang, harta, serta penampilan. Cinta telah diberikan Tuhan dan seharusnya kita jaga. Didalam kitab suci Al Qur'an ditemui adanya fenomena cinta yang tersembunyi dalam jiwa manusia. CInta memiliki 3 tingkatan, yaitu tertinggi kepada Allah SWT, cinta tingkat menengah adalah kepada orangtua, anak, saudara, pasangan, dan cinta tingkat rendah adalah lebih mengutamakan harta bendanya dan urusan pribadinya dibandingkan orang lain.
Kasih adalah perasaan sayang atau lebih biasanya berupa rasa perhatian dan belas kasihan. Setiap orang pasti punya rasa belas kasihan entah seberapa besarnya. Karna tidak ada yang mengetahui sebesar apa rasa kasih kita selain kita sendiri. Rasa kasih dapat timbul dengan tidak disengaja. Rasa kasih dapat ditunjukan dengan rasa peduli, rasa kasih yaitu memberi kasih, bagaimana kita memberikan perhatian kepada sesuatu yang ada disekitar kita dengan rasa peduli itu. Contoh rasa peduli yaitu jika ada suatu bencana alam. Beberapa orang akan melakukan pengumpulan dana untuk korban bencana tersebut dan yang dilakukan itu merupakan rasa peduli terhadap sesama. Rasa cinta kasih itu terdapat dalam setiap diri manusia, dan tak kan hilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar