Jumat, 20 Mei 2011

Manusia dan Harapan

Manusia dan harapan, kalimat yang tidak aneh didengar dan tidak sulit untuk dipahami. Manusia dan harapan sangat berhubungan erat sekali karena tak ada manusia yang tidak mempunyai harapan. Manusia yang tak mempunyai harapan sama saja tak mempunyain kehidupan. Harapan dapat mewarnai kehidupan setiap manusia. Kehidupan manusia berliku-liku karena mereka mempunyai suatu harapan yang ingin dicapai dengan berbagain cara yang dilakukan.

Dari anak kecil hingga yang tua sekalipun, mempunyai suatu harapan di dalam dirinya. Suatu harapan tidak selalu untuk diungkapkan. Harapan dapat membuat kita untuk melakukan sesuatu yang lebih baik lagi dalam kehidupan kita.

Pengertian harapan yaitu keinginan terhadap sesuatu yang ingin terjadi. Harapan berdasarkan kepercayaan. Penyebab suatu harapan yaitu : dorongan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup. 5 macam harapan manusia:

  1. harapan untuk memperoleh kelangsungan hidup
  2. harapan untuk memperoleh keamanan
  3. hak untuk mencintai dan dicintai
  4. harapan diterima dilingkungan
  5. harapan memperoleh perwujudan cita-cita
Harapan sebagai fenomena nasional maksudnya yaitu harapan sudah menjadi sesuatu yang wajar yang selalu berkembang pada diri setiap manusia dan setiap manusai mempunyai harapan yang berbeda-beda. Setiap ada harapan harus ada sebuah kepercayaan agar harapan itu dapat terwujud yang didorong dengan kepercayaan yang kita miliki terhadap harapan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar